Telusuri Gua Tirta Mulya Sepanjang 135 Meter, Temukan Spot Foto Menarik



KEINDAHAN ALAM: Pengunjung saat menikmati keindahan alam di Gua Tirta Mulya, Umbul Sidomukti, Kabupaten Semarang.


Berwisata ke Pondok Kopi, Umbul Sidomukti, Kabupaten Semarang rasa-rasanya kurang lengkap kalau belum pernah mencoba menelusuri Gua Tirta Mulya. Gua yang berada di desa wisata Sidomukti itu memiliki panjang 135 meter. Lokasinya dekat Pondok Kopi, sehingga menjejak gua itu cukup ditempuh dengan berjalan kaki saja. Buat orang dewasa yang ingin masuk ke gua, cukup membayar tiket Rp 10.000/ orang (21 September 2019).

Gua ini bukan terbentuk karena alam, tapi dibuat oleh manusia sejak 2009 silam. Lima pekerja menggarap gua berukuran panjang 135 meter dan lebarnya tiga meter, selama satu tahun dan tiga bulan. Sebelum masuk gua, pengunjung harus membeli tiket di bagian depan loket. Selanjutnya bisa menapaki jalan batuan yang berjarak sekitar 30 meter dari loket. Meski berkunjung siang hari, pengunjung begitu masuk gua akan menemui kondisi gelap.

Beberapa lampu penerangan dipasang pada beberapa titik lorong gua yang berada di lereng gunung Ungaran tersebut. Namun, pada dinding gua kalau dipegang akan terasa dingin. Tidak asal masuk, tapi pada beberapa titik lorong juga terpasang foto maupun sejarah Gunung Ungaran. Jadi bukan hanya mengandalkan wisata alam, tapi ada pula edukasinya. Sesampainya di ujung gua, pengunjung akan menemukan tempat kecil dilengkapi pagar pengaman.

Pada lokasi tersebut, pengunjung bisa menikmati keindahan alam lereng gunung Ungaran. Suasana sepi, terkadang terdengar suara kicauan burung. Lokasinya cocok buat selfie, momentumnya ramai saat liburan. (SS)

#wisata
#plesir
#wisataalam
#guatirtamuya
#umbulsidomukti
#kabupatensemarang
#pariwisata

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resto Makanan Jepang Kakkoi, Makan Sepuasnya, Sampai Tersisa Kena Denda

Yayasan Cinta Kasih Bangsa, Membina Ribuan Eks Narapidana dan Pecandu Narkoba

Refreshing di Camping Lembah Umbul Sidomukti