Olah Limbah Nanas, Jadi Minuman Berkelas dan Bernilai Jual Tinggi

MINUMAN NANAS: Pelaku usaha, Ngudiono (kiri) mengolah limbah Nanas menjadi minuman bernilai jual tinggi.

Tidak semua hasil panen petani Nanas itu buahnya sempurna. Nanas berukuran sedang dan besar, akan dijual ke pasaran. Sebaliknya, buah yang bentuknya kecil dan tidak layak itu akan dibuang. Padahal, sekalipun buah itu kecil sebenarnya tetap enak dan manis untuk dimakan. Bagi petani, Nanas kecil itu layaknya limbah tak berguna sehingga akan dibuang seenaknya. Namun, lain halnya dengan Ngudiono (39), warga Desa Siwarak, Kecamatan Karang Reja, Kabupaten Purbalingga.

Bagi dirinya, limbah itu justru bisa dijadikan peluang bisnis. Di tangan Ngudiono, limbah Nanas mampu diolah menjadi minuman berkelas dan bernilai jual tinggi. Nanas Qu, namanya. Minuman sejenis Carica, tapi dari buah Nanas ini diproduksi menjadi oleh-oleh khas Purbalingga. Ide bisnis minuman itu berawal pada 2016, saat dirinya melihat begitu banyak Nanas di Purbalingga yang dibuang percuma oleh petani. Buah itu tidak layak jual, apalagi diberikan ke tetangganya.

Mengetahui hal itu, Ngudiono memberanikan diri untuk membeli Nanas gagal panen tersebut. Namun, pembelinya malah mau memberikannya secara cuma-cuma untuk buah ukuran kecil tersebut. Kemudian, ia melakukan eksperimen dengan membuat minuman Nanas. Ternyata, minuman buatannya rasanya enak dan disukai banyak orang. Beruntung, dia pada 2017 mendapatkan pendampingan dari Gugus Inkubator Bisnis (GIB) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Hasil pendampingan tersebut membuat minuman Nanas Qu semakin enak dan pas dilidah. Minuman Nanas Qu kemasan cup itu dijual Rp 7.000. Setiap harinya, Ngudiono mengaku mampu mengolah 500 buah Nanas untuk dijadikan produk seperti Selai, Dodol, Sari Minuman, dan Manisan. Adapun, produk yang dihasilkannya itu sudah dipasarkan ke berbagai daerah seperti Pemalang, Purbalingga, Purwokerto, Pekalongan, dan Semarang.

Bahkan, Nanas produksinya pernah ada yang membawa hingga ke California, Amerika sebagai oleh-oleh. Namun, Nanas itu dikemas dalam bentuk kering. (JB)

#nanas #minumannanas #gugusinkubatorbisnis #inkubatorbisnis #wirausaha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resto Makanan Jepang Kakkoi, Makan Sepuasnya, Sampai Tersisa Kena Denda

Yayasan Cinta Kasih Bangsa, Membina Ribuan Eks Narapidana dan Pecandu Narkoba

Refreshing di Camping Lembah Umbul Sidomukti