SehatQ, Panduan Gaya Hidup Kesehatanku




Awal Desember 2019, pertama kalinya aku mengenal platform informasi kesehatan SehatQ lewat media sosial Instagram. Meski baru mengenal, program kesehatan ini langsung menarik perhatianku. Platform ini memuat segala informasi kesehatan, seperti obat, artikel, dokter, rumah sakit, jenis penyakit, dan forum sehat. Ya, semua itu bisa ditemukan di www.sehatq.com. Beragam persoalan kesehatan dapat dipecahkan dalam satu kemasan program atau aplikasi, SehatQ.

Platform ini mampu menjawab tantangan era digital, sekaligus memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin tahu tentang seluk beluk dunia kesehatan. Ingin mengetahui jenis penyakit dan pengobatannya, silakan buka SehatQ.


Mulai penyakit perut, kulit dan kelamin, kanker, jantung, kandungan, psikologi, pernafasan, serta gigi dan mulut, semua diulas habis oleh aplikasi kesehatan paling lengkap di era milenial ini. Jenis obat-obatan, manfaat, dan cara pemakaiannya juga dibahas tuntas pada platform ini. Ada pula layanan chating dokter secara daring.

Nonstop 24 Jam
Hal itu memudahkan pengguna platform atau pengunjung situs untuk konsultasi dengan ahlinya secara nonstop 24 jam. Kalau pun tak ingin hanya konsultasi gratis saja, mereka langsung bisa mengakses layanan "booking dokter" melalui www.sehatq.com/dokter. Tinggal pilih lokasi kota, maka pengguna platform akan dihadapkan pada direktori dokter dari berbagai rumah sakit.



Di Semarang, pilihannya seperti halnya RS Columbia Asia, RS Hermina Pandanaran, RS Hermina Banyumanik, Siloam Hospitals, RSI Sultan Agung, hingga Klinik Mata Nusantara. Ada dokter spesialis anak, jantung, mata, gizi, kulit, penyakit dalam, bedah plastik, akupunktur, kandungan, termasuk psikolog di layanan tersebut.

Pilih atau "klik" menu dokter dari laman "booking dokter", maka akan muncul jadwal praktik, baik hari dan waktunya. Pengguna platform lalu bisa pilih "booking dokter" untuk periksa ke dokter tersebut.




Gaya Hidup
Sebegitu mudahnya pelayanan kesehatan masa kini. Kesan pertama menjelajahi platform, saya langsung begitu tergoda. Ya, SehatQ bukan hanya memberi informasi kesehatan secara lengkap, tapi juga bisa menjadi panduan gaya hidup bagi seseorang yang mempedulikan kesehatan. Hanya bermodalkan komputer atau telepon pintar yang terhubung lewat internet, segala permasalahan kesehatan bisa dituntaskan.

Cukup mengakses SehatQ, di mana pun dan kapan pun, itu bisa dilakukan. Layanan platform kesehatan itu memberi kemudahan bagi siapa saja penggunanya. Konsultasi dokter tak perlu harus mengatur jadwal khusus. Sebab, ada layanan "chat dokter gratis" di aplikasi SehatQ yang siap merespon siapa saja yang mengeluhkan masalah kesehatan. Platform itu dapat diakses, baik dari rumah maupun kantor.

Ini memudahkan pengusaha, wanita karir, pekerja kantoran yang supersibuk, termasuk ibu rumah tangga yang repot mengurus anak di rumah. Barangkali Anda sering mendengar kalimat yang mengilustrasikan pentingnya menjaga kesehatan. Misalnya, "Kesehatan itu Mahal Harganya" atau "Lebih Baik Mencegah, Daripada Mengobati". Tagline itu membuat saya tergerak melakukan rutinitas olahraga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Pilih Fitnes
Hingga kemudian, pilihannya fokus pada Fitnes. Olahraga ini akhirnya jadi hobi yang keterusan sampai sekarang. Mengenal Fitnes pertama kalinya di gym yang berlokasi di GOR Jatidiri Karangrejo, Semarang. Dari tempat itulah, saya dikenalkan gaya hidup sehat lewat olahraga angkat beban.



Gym itu berada di kompleks asrama atlet Provinsi Jawa Tengah. Kebetulan pengelola gym di Jatidiri saat itu binaragawan ternama yang kerap berprestasi pada ajang sekelas Pekan Olahraga Nasional (PON). Latihan dengan pendampingan seorang atlet, memberikan banyak ilmu pengetahuan soal cara-cara berlatih olahraga ini secara baik dan benar. Karena sudah jadi kebiasaan, teknik-teknik berlatih Fitnes yang saya kuasai ini masih saya terapkan hingga saat ini menjalani rutinitas berolahraga.

Bagi saya, rutinitas olahraga itu memberi banyak manfaat, seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh, melancarkan peredaran darah, membentuk tubuh ideal, serta menjadikan wajah awet muda. Meningkatnya imunitas tubuh dipercaya akan membuat seseorang kebal terhadap penyakit. Dengan tubuh ideal seseorang bisa lebih enak atau pas saat dipandang. Tidak terlalu kurus, atau tidak terlalu kegendutan. Orang Jawa menyebutnya, Sterek. Ada pula yang rajin Fitnes karena ingin sehat, sekadar olahraga buat mengeluarkan keringat.

Angkat Beban
Kalau pun tubuh bisa kekar, hal itu dinilainya adalah bonus. Sekian lama mengenal olahraga angkat beban, saya merasa masih ada yang kurang untuk mendapatkan banyak hal tentang kesehatan. Melalui SehatQ, saya mendapati berbagai macam artikel bermanfaat, seperti hidup sehat, olahraga, penyakit, kesehatan pria dan wanita, masalah tidur, bayi dan menyusui, kehamilan, serta seks. Isi artikel itu juga sangat menarik, karena mengulas berbagai macam hal, seperti gizi, makanan sehat.




Beruntung mengenal SehatQ, karena itu bisa menjadi panduan gaya hidup kesehatanku. Banyak kemudahan dan manfaat yang bisa diperoleh lewat aplikasi ini. Nyeri otot kadang menjadi "teman" saat menjalani rutinitas Fitnes. Anda pun bisa mencari penyebabnya di SehatQ, tinggal ketik kata kunci "penyebab nyeri otot". Selanjutnya, akan muncul sejumlah artikel yang bisa dipilih dan jadi referensi bacaan penggunanya.

Artikel itu mengulas secara detil, penyebab nyeri otot, lengkap cara mengurangi atau mengobati rasa kenyeriannya tersebut.



Mengulas Obat
Tak cuma itu, platform juga mengulas pilihan obat nyeri otot, semacam balsem Geliga, Salonpas Krim atau Counterpain. Begitu nama diketikkan pada menu pencarian, platform langsung membukakan halaman yang berisi tentang deskripsi obat, manfaat, komposisi, dosis, termasuk aturan pemakaiannya. Deskripsi ini untuk mengetahui golongan obat apa termasuk dijual secara bebas atau pakai resep dokter. Selain itu mengulas kandungan obatnya apa saja.

Dosis untuk memberi informasi penggunaan obat bagi anak-anak dan dewasa. Ada juga perhatian khusus tentang penggunaan obat yang harus dipatuhi penggunanya. Satu platform memberi banyak kemudahan mencari informasi kesehatan. Rasa-rasanya, akan rugi jika Anda tidak memanfaatkan platform ini dalam kehidupan sehari-hari. Selamat olahraga, hidup sehat bersama SehatQ. (JB)

#sehatq #olahraga #fitnes #kesehatan #sehat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resto Makanan Jepang Kakkoi, Makan Sepuasnya, Sampai Tersisa Kena Denda

Yayasan Cinta Kasih Bangsa, Membina Ribuan Eks Narapidana dan Pecandu Narkoba

Refreshing di Camping Lembah Umbul Sidomukti