Nepal van Java, Dusun Butuh yang Viral di Kaliangkrik

 



DUSUN Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menjadi perbincangan hangat kalangan wisatawan. Layaknya desa di Pegunungan Himalaya, Nepal, keberadaan dusun yang memiliki susunan rumah bertingkat dan berlatar belakang Gunung Sumbing, menjadi daya tarik tersendiri. 

Nepal-nya Kabupaten Magelang itu kemudian viral di media sosial. Hingga membuat Butuh kebanjiran wisatawan, mereka ingin menikmati keindahan lokasi yang berada di kaki Gunung Sumbing, tepatnya dengan ketinggian 1.620 meter diatas permukaan laut (mdpl). Gunung Sumbing ini terbagi tiga wilayah, Magelang, Wonosobo, dan Temanggung. 

Kisah Nepal van Java ini mulai populer sejak Juni 2019, saat itu ada pendaki senior yang liburan ke Dusun Butuh. Sang pendaki yang pernah berkunjung ke Nepal. Kemudian, Dusun Butuh itu dianggap mirip Nepal. Foto pemandangan layaknya di Nepal, itu lalu diunggah ke media sosial dan menjadi viral. 

Pengelola berangsur-angsur mulai membenahi dan menata ulang agar menjadi obyek wisata menarik. Salah satu pengembangannya adalah Taman Depok, yang juga sanggar kesenian. Lokasi ini jadi tempat santai dan spot foto menarik. 

Bagi wisatawan yang ingin berlama-lama, juga tersedia homestay untuk menginap. Pemandangan alam jadi daya tarik, selain itu juga udara sejuk dan suhu dingin yang membuat pengunjung betah tinggal di Dusun Butuh. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resto Makanan Jepang Kakkoi, Makan Sepuasnya, Sampai Tersisa Kena Denda

Yayasan Cinta Kasih Bangsa, Membina Ribuan Eks Narapidana dan Pecandu Narkoba

Refreshing di Camping Lembah Umbul Sidomukti